Club Cooee

03 Maret 2011

Makanan Khas Belanda

Setiap negara tentu mempunyai makanan khas sendiri-sendiri.. Layaknya negara-negara lain, Belanda juga mempunyai makanan khas yang tidak kalah dengan negara lain..
Apa aja ya makanan khas Negeri Dam ini?? Ini dia daftar dan gambar makanan khas Negara Belanda :

1. stamppot: ini lah nama yang akan tersebut pertama kali setiap kita tanya, apa makanan khas belanda? terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan (mashed potatoes) dan dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel atau sayuran hijau lainnya seperti boerenkool. dihidangkan panas-panas bersama dengan sosis besar yang bernama rookworst. hmm..enak. tapi ini memang makanan musiman dan mereka biasanya membuatnya pada saat musim dingin tiba.

image source: http://www.maaltijdservicezuid.nl

2. olliebollen: ini juga makanan musiman lain dari belanda, biasanya hanya ada di musim gugur dan musim dingin. juga menjadi makanan yang umum dicari pada saat malam pergantian tahun. yah.. namanya juga tradisi. ketika pertama kali melihatnya saya langsung berpikir makanan di bogor yaitu odading. hahahaha. inilah roti goreng khas belanda yang beberapa ditambah kismis. rasanya cukup enak dan bikin perut kenyang hanya dengan memakan 4 olliebollen besar *ya iya laaaaah…*

image source: http://www.wikipedia.com

3. pancake dan poffertjes: poffertjes adalah bentuk kecil dari pancake yang dibuat bulat-bulat kecil. biasanya dihiasi dengan taburan gula halus, selai atau cokelat.









image source: http://www.decreperie.nl

4. patat: alias kentang goreng *sumpah.. banyak banget!!*. tidak jelas aslinya dari mana, namun belgia berani mengklaim bahwa patat berasal dari sana. ditambah, patat yang tahun lalu menjadi nomor satu di belanda memang berasal dari belgia. kentang goreng ini memiliki bungkus berbentuk kerucut (juga beberapa dalam bentuk box) dan menjadi makanan jalanan seperti halnya gorengan di indonesia. jangan lupa untuk menambahkan saus di atasnya, baik mayonaise, selai kacang, kari, saus tomat ataupun bumbu tambahan lainnya. untuk menu spesial, mereka menambahkan potongan bawang bombay di atasnya. jadi, jangan bilang pernah ke belanda kalau tidak merasakan patat plus mayo.

image source: http://www.amsterdamlogue.com

5. fast food snacks: terdiri dari berbagai macam tipe, mulai dari frikandel (sosis belanda), kroket (isinya daging), bitterballen (bola-bola daging), atau bami dan nasi blok *ya.. mereka pake bahasa kita*. biasanya dijual di sebuah kios khusus atau malah hanya berupa kotak mesin dengan sekat-sekat terpisah berisikan makanan tersebut. kita hanya perlu memasukan uang logam dan membuka sekat-sekat itu. favorite saya? kroket dan bami blok! hmm.. enak. walaupun jujur kadang suka gak yakin juga dengan isinya. beberapa teman belanda bilang itu adalah semua bagian ternak (bisa sapi atau babi) yang memang tidak layak jual dan mereka meblendernya menjadi snack-snack itu. hmm…

image source: http://www.optica8.com

6 . ikan herring (haring): ikan mentah yang dimakan bersama dengan potongan bawang bombay. saya hanya berani memakan dua potong selama hidup saya di sini. karena rasa amis yang bisa membuat saya muntah. tapi untuk sebagian besar orang belanda, mereka bisa memakan satu ikan haring penuh hanya dengan satu tarikan di dalam mulutnya. hmmm, yaicks. selain itu ada beberapa jenis ikan yang sudah digoreng dan siap makan seperti ikan kibeling atau jenis-jenis lainnya.

image http://asoboo.com

7. stroopwafel: adalah wafel yang dibuat dari adonan tepung, mentega dan susu yang dipanggang dengan disisipi karamel di tengah-tengahnya. rasanya? renyah tapi legit dan maniiiis sekali. contoh makan manis lainnya ada dalam bentuk appeltaart (apple pie) dan spekkoek.

image source: http://upload.wikimedia.org

Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang berbentuk roti/sandwich yang dicampur dengan berbagai macam jenis keju. ya.. Siapa yang tidak mengakui kehebatan keju belanda? Keju yang juga dimakan sebagai teman minum kopi atau anggur ini, memang menjadi pelengkap bagi sebagian makanan belanda.

Sumber dari sini

0 comments: